Press "Enter" to skip to content

Bupati Hadiri Pelantikan Suku Batak Batubara Bersatu (SB4)

Beritabuana.com–Bupati Kabupaten Batubara menghadiri acara pelantikan Dewan Pimpinan Daerah, Cabang dan Ranting organisasi Suku Batak Batubara (SB4) dilapangan Indra sakti, Kecamatan Air Putih, sabtu (30/11).

Dalam pelantikan itu, Bupati menyebutkan bahwa keragaman suatu suku membuktikan bahwa pemerintah telah menjalankan sila ke-tiga dari Pancasila, yaitu persatuan indonesia.

Hari ini, kita menyaksikan suku Batak bersatu, kedepan mungkin ada Melayu, Padang atau Jawa bersatu. Itulah cerminan sila ke 3 Pancasila yakni Persatuan Indonesia,” ujar Bupati Batubara Ir Zahir M.Ap.

Sebelumnya, Bupati datang kelokasi disambut dengan tarian ulos batak. Bupati kemudian diadati dengan budaya suku Batak dengan beragam pakaian yang biasa digunakan orang suku Batak.

Sementara itu, Kapolres AKBP Robin Simatupang, SH. M. Hum mengatakan, membicarakan Batak tidak terlepas dari asal mula suku Batak di Sianjur Mula mula, Pusuk Buhit. Tersebarnya bangsa Batak di pesisir ini dahulunya berasal dari Porsea, yang berdagang di pesisir lalu melakukan asimilasi melalui proses perkawinan,” kata Simatupang.

Disebutnya, bahwa suku Batak itu unik, orang Batak ini pamungka huta dimulai dari satu orang kemudian membuka perkampungan lainnya. Salah satu suku yang punya aksara adalah suku Batak. Maka SB4 perlu melestarikan aksara ini, sehingga generasi selanjutnya dapat mengenalnya,” harap Simatupang.

Diharapkan Kapolres, suku Batak bersatu dapat berkontribusi dalam pembangunan. “Kita mulai persatuan ini dari Batubara dan berharap akan diikuti di kabupaten lainnya. Ditambahkannya, SB4 Batubara dapat mengajak suku Batak lainnya didaerah lain meski berbeda agama. Jika Batak bersatu bisa menggoyang, bisa takut negara lain, karena orang Batak itu perantau, juga pembuka wilayah.

SB4 harus bisa mejadi garda terdepan dalam pembangunan, mengawal pembangunan, berikan keleluasaan dan berikan kesempatan.“Jangan sikit sikit diganggu sehingga terganggu konsentrasi bekerja,” timpalnya.

Sebelumnya, Ketua SB4 Jhon Frangki Hasibuan mengatakan tugas yang dipercayakan dikatakannya tidak ringan, tapi dia meyakini seluruh pengurus pasti aktif ùntuk menjalankannya sehingga meringankan tugas.

“Tujuan dibentuknya SB4 mengacu kepada sila 1 Ketuhanan YME dapat menjadi tuntunan masyarakat yang berketuhanan, beradat dan berbudaya,” kata Hasibuan.

Hadir dalam kesempatan itu Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang, Ketua SB4 Jhon Franki Hasibuan, Ketua Sementara DPRD Batu Bara M Syafii, Anggota DPD RI Williem Simarmata, para undangan dan ratusan massa SB4 diseluruh kecamatan.***hum

.