Press "Enter" to skip to content

Ketua Fraksi Golkar DPRD Batubara Mulai Kenakan Teluk Belanga

Beritabuana.com–Ada hal menarik dalam Sidang Paripurna DPRD Batubara yang digelar Jumat 2 November ini. Ketua Fraksi Partai Golkar, Ismar Khomri mengenakan pakaian setelan lengkap teluk belanga saat membacakan pandangan umum fraksinya terkait penyampaian nota KUA-PPAS untuk RAPBD 2019.

Ismar, kala itu di perhatikan banyak hadirin yang mengikuti sidang. Di podium, ia gunakan teluk belanga berwarna kuning bak gading, kain samping motif kotak-kotak berwarna senada, berpeci dan bersepatu hitam. Melayu sekali.

Saat diwawancarai di ruang kerja fraksinya,  Ismar mengungkapkan, apa yang dia lakukan itu merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap upaya bersama di ranah legislatif, khususnya Pansus B yang diketuai Nafiar, dalam bekerja keras melahirkan adanya produk legislasi yang turut mendukung terjaganya identitas daerah.

“Lahirnya Perda ini juga bisa lebih mengangkat resam ada puak melayu ke depan” Kata Ismar yang juga Caleg Partai Golkar di Dapil I Limapuluh itu kepada Beritabuana.com. Pemeliharaan sisi kultural itu, menurut dia juga diharapkan berdampak positif terhadap terjaganya jati diri anak Batubara untuj saat ini dan masa mendatang.

Ia juga berharap agar, pemerintah dapat serius dalam menerapkan pengenaan pakaian adat melayu Batubara di lingkungan kerja eksekutif, seperti Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD serta pegawai yang bertugas di perangkat daerah lainnya. Juga pada sektor pendidikan.

Ismar memandang, adanya pengenaan teluk belanga bagi laki-laki dan baju kurung bagi perempuan itu, disamping punya relevansi terhadap penguatan identitas, juga diharapkan akan mendukung pengembangan pariwisata di daerah yang berhadapan dengan Selat Malaka itu.

Ranperda mengenai pengenaan pakaian adat Melayu Batubara, baru disahkan menjadi Perda pada 1 November 2018 dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Selamat Arifin.****khairul indra

Comments

.